Sabtu, 26 Juni 2010

How I do all my recording??

>well, nungguin request yang g' kunjung dateng (emang dasar blog gw kurang laku yeee :p), juga gw lagi stuck mau ngover lagunya siapa, so I decide to share about all my recording sections and how I can do all the cover.

Kalo readers/viewers yang lagi iseng2 liat postingan gw yang dulu sama yang sekarang, disitu terlihat bedanya qualitas recording dari cover2 lagu yang gw lakukan. Yang dulu itu ya *ehemjelekehem*. Ya, dulu itu jauh sebelum gw mengenal teknik recording yang benar, jadi dulu cuman modal laptop, camera yang nempel di laptop, gitar dan perangkatnya + HP gw yang ada MP3nya. Jadi dulu itu recording gw cuman ngidupin cammera laptop, terus setel MP3 yang ada di HP, terus MP3nya gw deketin ke mic laptop dan gw maen dengan volume amp gitar yang keras dan bikin budeg tetangga.hehe, dan hasilnya juga beuuuuuuuhhhh, gw mengakui itu adalah jelek :(
(baca - recording kelas kontrakan-red).

Gw belajar otodidak pertamanya, bermodal download software yang ada gw pun mempelajarinya sendirian, udah mulai mudeng dan bisa, akhirnya gw dateng ke guru gw jaman SMA yang emang kerjaan sampingannya buka bisnis home recording. Dari beliau gw belajar banyak, makasih PAK ANIS :)

OK, langsung aja, kalo boleh bilang gw ini termasuk musisi kere dan g' nyarat abis dah buat urusan recording. Bagaimna bisa gw recording cuman bermodal gitar, effect, laptop sama SEBUAH JACK CONVERTER SEHARGA Rp.2500,-

Yah, kalo yang lainya itu recording nyarat abis, pake soundcard, pake mixer, amp juga dipake. Nah gw, laptop juga jaman baheula, modal pake laptop yang HDnya cuman 80 Gb, masih CELERON pentiumnya dan 512Mb DDR2. Dan gw juga g' punya soundcard (belom beli), juga g' punya mixer (g' kuat beli :p).

Nah, proses record gw sbb :

1. Gw pake software Cool Recor Edit, ato kalo sekarang namanya Adobe Audition buat record suara, Terus buat video gw cuman pake kamera di laptop dimana gw harus dapet pencahayaan yang tepat biar videonya g' macet2 (walopun kadang minjem camdig emak gw sih :p). Terus suara drum sendiri pake FL studio, sebenernya masih banyak software buat bikin suara drum yang lebih keren dari FL studio, tapi berhubung LAPI gw cuman kuat diisi software itu yaaaa, mau gimana lagi ??? :)

2. Gw pake gitar dan effect digital gw ZOOM GFX 707, dan amp g' gw pake buat recording.

3. Ini adalah barang kecil murah namun sangat berjasa dalam hal recording gw, yaitu jack converter besar ke kecil. Ya, harganya cuman 2500 perak dan bisa didapatkan di toko elektronik terdekat :)

4. Jangan lupa pake headphone guys :)

5. Buat editing video gw pake Ulead studio.

Then, the steps :

1. Gw buka software2 tersebut dan camera juga gw idupin,

2. konekin gitar ke effect, lalu effect langsung colok ke laptop gw dengan bantuan Jack converter murah tadi itu :)

3. Mulai deh proses recordingnya, setel secara besamaan antara software record audio sama video recordnya.

4. Setelah kelar, mulai deh editing suara biar lebih OK, terus kita gabungin hasil recording kita dengan hasil record video kita pake Ulead studio.

5. Dan.....KELARRRRRRR, upload deh ke youtube lalu posting ke blog :)


berikut foto2nya :)



Ini gw lagi edit-edit gan :)


Itu gear gw gan, amp.nya handmade loh :)



Yang ini Over All View


yang ini mah kalo lagi setres aja gan, haha

Kamar gw berantakan banget ya??ahaha

yah, biar berantakan2 gitu udah berhasil menciptakan beberapa lagu dari gw.hehe

OK, gw cuman mau share aja, semoga bermanfaat bagi yang baca :)

Keep Rockin Guys

Angga " A'ank " Rahmawan

2 komentar:

blog-nya labib . . mengatakan...

buat bass sama aja ngga? truss...

brati ni ceritanya.. suara tu direkam pake software.. tapi vid nya sbnernya cuman nyusul? trus digabung pake ulead studio itu ya.. hoooo ngertiii skarang,, pen coba jadinya..

converter pake yg mono ato stereo ngga? sama aj ya?

angga rahmawan mengatakan...

iyo bib, jadi agak semu2 lypsinc juga si.ahaha

yang stereo kalo bisa bib, sama aja buat bass ato gitar, tapi ati2 bib, speaker lapi bisa kena loh.haha, aku wes korban speaker lapiku.hehe

itu tips dari musisi kere macam aku.ahaha